"MCHOYBLOGINFO". Diberdayakan oleh Blogger.

Info 5 Tips Menjaga Otak Sehat

Share on :

Kegiatan bekerja sering membuat seseorang melupakan kesehatan pikirannya, yang tentu berkaitan dengan jiwa. Daniel G. Amen dalam bukunya yang berjudul Change Your Brain Change Your Life, mengungkapkan bahwa 89% seseorang mengidap stres karena pola hidup yang tidak seimbang antara pergerakan fisik dan kenyamanan mental. Para peneliti di Munich, Jerman, pada tahun 2006 pernah menemukan sebuah studi kasus dari gambaran kesehatan mental seseorang. Seseorang yang memulai aktivitasnya di pagi hari diibaratkan sebagai gelas kosong yang akan terus terisi hingga penuh di malam harinya.
Distraksi dibutuhkan saat diri seseorang diisi oleh beban pekerjaan yang begitu padat. Beberapa di antaranya mungkin tidak terpikirkan, namun justru efektif untuk memulihkan kondisi mental yang mulai terkena stres. Angela DoVito, seorang psikolog dari Michigan University menyimpulkan bahwa saraf impulsif seseorang sangat mudah terkena stres, sehingga melupakan distraksi yang dibutuhkan untuk menghindari tekanan mental.
Berikut ini adalah beberapa tips singkat yang diaplikasikan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

1. Car Wash Healing

Untuk sebagian orang, mencuci kendaraan sendiri bisa jadi hal yang sangat menyebalkan. Setelah lelah bekerja, membersihkan kendaraan sepertinya hanya akan menambah lelah tubuh Anda. Jangan salah kaprah dulu. Mencuci kendaraan ternyata dapat mengurangi stres karena tubuh Anda secara tidak langsung akan terdistraksi oleh hal lain di luar pekerjaan Anda. Waktu yang tepat untuk mencuci kendaraan adalah di saat Anda betul-betul memiliki waktu senggang. Akhir pekan atau hari libur nasional, misalnya. Gerakan di Alabama pernah menjadi fenomena karena kegiatan mencuci mobil sendiri dipercaya dapat mengurangi stres karena secara mental, seolah terjadi interaksi batin antara pemilik dengan kendaraan yang senantiasa menemaninya beraktivitas setiap hari. Some men say the car is a second girlfriend, then treat them like they’re yours!

2.Musical Healing

Sejak berabad silam, musik dipercaya dapat mengurangi tekanan mental akibat beban pikiran yang terus menumpuk. Bahkan, kaisar Shih Huang Ti pada masa pemerintahannya di tahun 259 SM memiliki kegiatan rutin selama memantau pembangunan Tembok Besar Cina. Ia rutin memanggil para pemain kecapi handal untuk memainkan musik-musik tradisional Tiongkok agar kembali mendapat ketenangan. Terapi musikal adalah salah satu pilihan tepat untuk mengurangi tekanan mental. Caranya cukup mudah, dengarkan musik dengan alunan nada yang menenangkan, atau, bermain musik jika Anda bisa. Lima belas menit sehari, sangat efektif untuk memulihkan kembali syaraf Anda. If Beethoven music makes you sleepy, that calmness is meant.

3. Sexual Healing

Ya, terapi seksual. Banyak orang yang menilai jika seseorang sedang berada dalam keadaan stres, maka gairah seksual akan hilang dan berujung pada hubungan yang tidak harmonis. Memang betul, namun sebelum hal itu terjadi tindakan preventif harus dilakukan, yaitu dengan mencari pangkal awal munculnya tekanan tersebut. Dalam buku Sexual Healing karya Jill Nelson, disebutkan bahwa 90% gairah seksual akan hilang, setelah tekanan mental menyerang seseorang. Namun, hal itu bisa dicegah dengan memanaskan gairah seksual bersama pasangan setelah mendapat sinyal bahwa Anda akan menghadapi beban pekerjaan yang berat. Minta pasangan untuk membantu menyegarkan mental Anda, berhubunganlah secara rutin dan temukan passion serta kehangatannya untuk mencegah padamnya gairah seksual dalam hubungan Anda.

4. Pet Healing

Ternyata memang dibuktikan bahwa memelihara hewan efektif sebagai terapi kesehatan mental. Sebuah penelitian unik dari Ohio University, oleh Dr. Franck Lammark membuktikan bahwa 7 orang dari 10 responden yang diteliti mengalami perbaikan mental selama tiga bulan setelah rutin memelihara hewan. Kondisi ini seketika diperkuat Lammark yang meyakini bahwa antara hewan peliharaan dengan pemiliknya dapat melakukan suatu komunikasi pasif, namun aktif secara metafisik. Dengan rutinitas yang dilakukan ketika seseorang memelihara hewan, dapat dikatakan sebagai satu bentuk distraksi lain yang memacu pikiran untuk kembali segar. Do you ever unconsciously talk to your dog and they seemed to understand what you are talking about?

5. Daydream Healing

Institusi Good For Life di California adalah salah satu komunitas yang menjadikan khayalan sebagai satu terapi yang baik untuk menjaga kesehatan jiwa. Teknik yang diajarkan oleh komunitas tersebut cukup menarik perhatian publik, karena mereka menyimpulkan bahwa kondisi otak seseorang akan tenang setelah mengkhayal mengenai sesuatu yang diinginkan selama kurang lebih sepuluh menit. Seperti yang dikatakan Gilderoy Morumbi, salah satu anggota Good For Life, mengkhayal seksual tidak termasuk dalam terapi seperti ini. Morumbi menjelaskan bahwa khayalan yang bisa dilakukan itu biasanya menyangkut keinginan untuk berlibur ke suatu tempat, mendapatkan cinta seseorang, atau memiliki rumah impian. There is no harm in day-dreaming, especially if you can make it happen!
Ke lima tips di atas mungkin agak asing bagi Anda untuk dilakukan. Namun tidak ada salahnya dicoba selama bisa menyegarkan kembali otak Anda. Jangan terlambat sampai Anda betul-betul terserang stres dan semua tips tersebut tidak lagi berlaku di hidup Anda. Jika Anda terlambat untuk memelihara kesehatan otak dan mental Anda, tentu akan lain lagi metode penyembuhannya. Pergilah ke psikolog dan temukan jawabannya. Many unique things around you that can maintain your brain health, discover for yourself! sumberinfo

Info Wisata

 photo freebanner_zps107bd00d.gif Info Hub. 0899 8 933339 Rumah Subsidi

Pengikut

Related Post

Info Musik